TVOne Online :

Default






Bukittinggi Kota Wisata :

Jam Gadang PDF Cetak E-mail

Didirikan oleh Controleur Rook Maker pada tahun 1926 yang berlokasi di pusat kota, bangunan ini dirancang oleh Putra Minangkabau Jazid dan Sutan Gigih Ameh. Jam Gadang ini merupakan lambang Kota Wisata Bukittinggi yang dikelilingi oleh taman bunga dan pohon-pohon pelindung, yang dapat memberikan kesejukan dan berfungsi sebagai alun-alun kota. Dari puncaknya kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam sekitar Bukittinggi vang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Salah satu keunikan Jam Gadang adalah angka empat yang ditulis dengan empat buah angka satu Romawi yang seharusnya ditulis dengan angka empat Romawi.
Disekitar Jam Gadang ini juga telah dibangun taman yang menambah semarak dan indahnya lokasi tersebut dengan berbagai bunga dan pepohonan serta fasilitas tempat duduk dan digunakan untuk menikmati pemandangan kota yang sangat menawan, sambil menikmati makanan spesifik. Selain itu disekitar Jam Gadang terdapat Istana Bung Hatta atau Tri Arga dan terdapat sebuah plaza yaitu Plaza Bukittinggi.

NGARAI SIANOK

Ngarai Sianok PDF Cetak E-mail

Ngarai Sianok atau Lembah Pendiang merupakan suatu lembah yang indah, hijau dan subur. Didasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Keindahan alam Ngarai Sianok mempesona, sering dijadikan bahan imajinasi para pelukis dan diabadikan oleh para wisatawan untuk diambil foto-fotonya. Ngarai Sianok terletak di pusat Kota Bukittinggi dengan panjang ± 15 km, kedalaman ± 100 m dan lebar sekitar 200 m. Pada zaman penjajahan Belanda Ngarai Sianok dikenal sebagai Kerbau Sanget karena didasar ngarai terdapat banyak kerbau lia

WISATA KEPULAUAN MENTAWAI :


Salah satu Pantai Di Pulau Mentawai

Mentawai adalah sebuah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di barat Pulau Sumatera,Indonesia.
Mentawai merupakan salah satu Kabupaten di Propinsi Sumatera Barat.Penduduk Asli mentawai adalah Orang Mentawai.Bahasa yang digunakan oleh orang mentawai adalah bahasa mentawai
Pulau-Pulau besar yang banyak didiami penduduk di Mentawai adalah Pulau Sipora, Pagai Utara,Pagai selatan dan Siberut.

Ibukota Kabupaten Mentawai adalah Tua Pejat.
Luas kabupaten mentawai adalah 6011,35 Kilometer persegi.
Dengan jumlah penduduk 38.300 orang (tahun 2000).
rumah adat orang mentawai adalah uma
dengan kepala suku nya bergelar Sakerei.


SEJARAH MENTAWAI

mengikuti teori pleistocene glaciation, Kepulauan Mentawai terpisah dari pulau Sumatera dikarenakan oleh kenaikan permukaan air laut.Orang mentawai diperkirakan telah ada disuatu pulau 200 dan 500 SM.Bermigrasi dari utara melalui Pulau Siberut kemudian bergerak keselatan menuju Sipora dan Pulau pagai.Austronesia bahasa,adat dan kebiasaan hidup sangat berbeda dengan Sumatera Barat sebagai propinsi induknya.

Pada awal abad ke 17 orang portugis membuat peta mentawai dengan nama 'Mintaon'peta tersebut dibuat tahun1606. Pada Agustus tahun1792 seorang karyawan British East India Company,John Crisp mengunjungi Pagai (Poggy) untuk mempelajari orang mentawai.Tulisannya mengenai mentawai dimuat pada tahun 1799.John crisp adalah orang pertama yang mengenalkan mentawai pada sastra barat. Pada tanggal 10 Juli 1864 menjadi bagian dari Hindia Belanda.

Orang Mentawai

PARIWISATA

Mentawai memiliki banyak pulau-pulau indah dengan ombaknya yang besar,yang sangat bagus untuk olahraga berselancar.
Pariwisata Mentawai mulai dikenal orang adalah pada pertengahan tahun 1990,yaitu secara tidak sengaja seorang perselancar dari Australia menemukan ombak yang bagus untuk berselancar.Sejak saat itulah Mentawai ramai dikunjungi oleh turis untuk berselancar.Kabarnya ombak di mentawai merupakan ombak terbagus ketiga didunia untuk berselancar.

Sekarang orang menjadikan mentawai sebagai daerah tujuan wisata,terutama untuk berselancar,juga untuk mengetahui lebih dalam kehidupan suku mentawai,melihat keindahan alam mentawai menyelidiki kehidupan hewan di mentawai dan lain-lain.

Di Mentawai sekarang telah banyak berdiri resort-resort yang dikelolah oleh orang asing,diantaranya adalah Kandui resort.
Disamping itu ekonomi masyarakat di mentawai juga tumbuh dengan menyediakan Home stay pada tempat-tempat wisata.

Mentawai adalah daerah yang masih murni dan belum tersentuh, jika di berdayakan dan dikembangkan mentawai bisa menyamai Bali.

Mengenal Tempat Wisata Minangkabau (Sumbar)

MENGENAL TEMPAT WISATA MINANGKABAU (SUMBAR)

rumah adat minangkabau

rumah adat minangkabau

Provinsi Sumatera Barat memiliki berbagai jenis daearah dan tempat wisata, baik wisata alam maupun wisata sejarah, diantaranya yang sangat sering dikunjungi adalah sebagai berikut :

1. Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah terletak di pinggang gunung berapi antara kota Bukittinggi dan Batusangkar, Indonesia. Hawanya dingin dan sering berkabut. Bila cuaca cerah, pemandangannya sangat indah. Ada dua danau kecil yaitu Pakih dan Aie Taganang Didanau ini terdapat ikan khas Tabek Patah oleh penduduk setempat disebut ika

2. Istano Basa

stano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah

Istana Basa

Istana Basa

sebuah istana terletak di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.

Istano Basa yang berdiri sekarang sebenarnya adalah replika dari yang asli. Istano Basa asli terletak di atas Bukit Batu Patah itu dan terbakar habis pada sebuah kerusuhan berdarah pada tahun 1804. Istana tersebut kemudian didirikan kembali namun kembali terbakar tahun 1966.

Proses pembangunan kembali Istano Basa dilakukan dengan peletakan tunggak tuo (tiang utama) pada 27 Desember 1976 oleh Gubernur Sumatra Barat (waktu itu Harun Zain). Bangunan baru ini tidak didirikan di tapak istana lama, tetapi di lokasi baru di sebelah selatannya. Pada akhir 1970-an, istana ini telah bisa dikunjungi oleh umum.

Kebakaran 2007

Pada tanggal 27 Februari 2007, Istano Basa mengalami kebakaran hebat akibat petir yang menyambar di puncak istana [2]. Akibatnya, bangunan tiga tingkat ini rata dengan tanah. Ikut terbakar juga sebagian dokumen, serta kain-kain hiasan.[3].Diperkirakan hanya sekitar 15 persen barang-barang berharga ini yang selamat. Barang-barang yang lolos dari kebakaran ini sekarang disimpan di Balai Benda Purbakala Kabupaten Tanah Datar.

Biaya pendirian kembali istana ini diperkirakan lebih dari Rp 20 miliar Harta pusaka Kerajaan Pagaruyung sendiri disimpan di Istano Silinduang Bulan, 2 kilometer dari Istano Basa

3. Danau Singkarak

Danau Singkarak

Danau Singkarak

Merupakan danau yang terbesar di Sumatera Barat dengan panjang 21 km yang terletak di pinggir jalan raya Padang Panjang – Solok. Disekitar danau terdapat beberapa tempat untuk beristirahat dan bersantai serta tersedia juga berbagai fasilitas sampan, boat dan hotel. Tersedia juga fasilitas untuk mengelilingi danau dengan pemandangan yang indah.

Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan luas 107,8 km² danau ini merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman.

Ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) merupakan spesies ikan yang diperkirakan hanya hidup di danau ini, dan menjadi salah satu makanan khas.

4. Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya,

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Kabupaten Agam, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan Gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan. Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 KM mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau.

Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km² yang berada di dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Di sekitar Danau Maninjau terdapat fasilitas wisata, seperti Hotel(Maninjau Indah Hotel, Pasir Panjang Permai) serta penginapan dan restoran.

5. Danau Di Atas dan Di Bawah

Danau Dibawah

Danau Dibawah

Kedua danau ini dikenal dengan sebutan Danau Kembar. Kedua danau tersebut terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Keunikan dari danau kembar tersebut adalah untuk menuju Danau Di atas, kita harus melalui jalan yang menurun sedangkan untuk menuju Danau Dibawah, kita harus melalui jalan yang mendaki. Di sekitar danau ditanam buah markisa dengan rasa yang manis, sayur-sayuran, dan kentang.

6. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan

Jam Gadang

Jam Gadang

megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker.
Dari puncak menara kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Hal yang unik pada Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis IIII.

7. Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock

Benteng Fort De Kock

Benteng ini dibangun di pincak di dalam kota Bukittinggi tahun 1825 pada waktu terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan Harimau Nan Salapan terhadap Belanda. Disekitar Benteng ini masih dapat kita lihat meriam kuno periode abad XIX Masehi. Tempat yang luas ini telah dihiasi dengan taman sebagai tempat ketinggian menyaksikan, Ngarai Sianok dan perbukitan sekitarnya terdapat meriam kuno dan bangunan benteng. Ini merupakan tempat terbaik di Bukittinggi menyaksikan Sunset.

8. Gedung Tri Arga / Istana Bung Hatta

Gedung yang terletak di kota Bukittinggi ini masa dahulu merupakan pusat

Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta

pemerintahan darurat Republik Indonesia tahun 1947. Hal ini disebabkan oleh agresi Belanda yang ingin memecah belah bangsa kita. Untuk mengenang jasa Proklamator Bung Hatta, gedung Tri Arga diganti nama dengan Istana Bung Hatta.

9. Terowongan (Gua) Jepang

Terowongan ini panjangnya lebih 1.400 meter berkelok-kelok dibuat oleh tentara Jepang pada periode 1942, terletak di tengah taman panorama di Ngarai Sianok di bawah kota Bukittinggi, dengan lebar lebih 2 meter. Di dalam gua terdapat berbagai keperluan ruangan untuk kantor, rumah sakit, makanan dan persenjataan. Pintu masuk gua terdapat dibeberapa tempat, seperti di Ngarai Sianok, di Panorama, di samping Istana Bung Hatta dan di Kebun Binatang Bukittinggi. Rakyat setempat menamakan ini adalah Lobang Jepang.

10. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di Pusat kota Bukittinggi, membujur dari Selatan Nagari Koto Gadang terus ke Utara, Nagari Sianok Enam Suku dan berakhir di Palupuh dengan panjang 15 km, kedalaman 100 meter dan lebar 200 meter. Ngarai Sianok atau Lembah Pendiam ini merupakan suatu lembah yang indah, hijau dan subur, didasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing yang berwarna-warni dengan latar belakang gunung Merapi dan Singgalang yang menghijau merupakan alam yang mempesona. Keunikan Ngarai ini mudah dicapai, sebuah Ngarai di pusat kota yang tidak ditemui di kota-kota lainnya di dunia. Keindahan alam Ngarai Sianok yang mempesona itu selalu diabadikan oleh wisatawan dengan mengambil foto-foto serta sebagai imajinasi bagi para pelukis. Perjalanan menjelajah dengan melalui jalan setapak di lembah Ngarai merupakan rekreasi yang menarik, bila perjalanan terus keseberang Ngarai dalam waktu 45 menit anda akan sampai di Nagari Koto Gadang sebagai Nagari asal beberapa orang pemimpin bangsa Indonesia antara lain : H.Agus Salim dan Emil Salim.

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di jantung kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok dari selatan ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai Palupuh. Ngarai Sianok memiliki pemandangan yang indah dan menjadi salah satu objek wisata utama provinsi.

Jurang ini dalamnya sekitar 100 m membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memsiahkan Pulau Sumatra menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau – hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal) – yang dialiri Sungai Sianok yang airnya jernih. Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai.

Sungai Sianok kini bisa diarungi dengan menggunakan kano dan kayak yg disaranai oleh suatu organisasi olahraga air “Qurays”. Rute yang ditempuh adalah dari Desa Lambah sampai Desa Sitingkai Batang Palupuh selama kira-kira 3,5 jam. Di tepiannya masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Fauna yang dijumpai misalnya monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul, serta tapir.

11. Lembah Anai

Lingkungan Lembah Anai sangat mengagumkan. Hutan tropis yang lebat

Lembah Anai

Lembah Anai

yang mengesankan dan merupakan hutan lindung. Didasarnya mengalir Sungai Batang Anai dengan airnya yang bening dan kelihatan sebuah air terjun setinggi 40 meter dekat sekali dengan jalan raya.

12. Anai Resort Golf Course

Anai Resort terletak 550 m di atas permukaan laut. Merupakan Golf Course terbaik di Sumatera Barat yang berstatus Internasional dengan 18 hole, dirancang oleh Designer Lapangan Golf International Thomas dan Perret. Berbagai fasilitas terdapat di lokasi bungalow seperti kolam renang alami dan restoran.

13. Embun Pagi

Embun Pagi

Embun Pagi

Sebelum mencapai Danau Maninjau kita akan berhenti sejenak di Embun Pagi di desa Padang Gelanggang 24 km dari Bukittinggi untuk menikmati udara yang sejuk dan nyaman sambil memandang keindahan Danau Maninjau dengan airnya yang membiru serta dikelilingi oleh bukit-bukit yang menghijau.

14. Ngalau Indah

Dua km sebelum memasuki kota Payakumbuh dari arah Bukitinggi kita akan

Ngalau Indah

Ngalau Indah

sampai ke sebuah gua alam dengan stalagnit dan stalagmit pada langit-langit gua yang cukup menarik. Di dalam gua ini kita akan mendengar suara kelelawar yang berterbangan di sekitar kita dan merasakannya tanpa dapat melihatnya. Di luar gua ini kita akan menikmati taman dengan pohon-pohon yang rindang menambah kesejukan dan keindahan alam.

15. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Istana ini dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung di Batusangkar yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Di dalam istana terdapat barang- barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik. Di sekitar istana ini kita dapat menikmati keindahan alam dengan udara yang sejuk. Terletak di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Pagaruyung adalah lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada disana merupakan replika dari Istana yang aslinya dengan lukisan di dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

16. Lembah Harau

Merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian

Lembah Harau

Lembah Harau

100 sampai 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Disini juga ditemui lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah bagi wisata remaja dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalan setapak. Direncanakan cagar alam ini akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.

17. Pandai Sikek

Pandai Sikek

Pandai Sikek

Pandai Sikek dikenal sebagai daerah pusat kerajinan ukiran dan tenunan Kain Songket. Pandai Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang lebih kurang 10 km sebelum memasuki kota Bukittinggi dengan pemandangan yang indah. Disini kita juga dapat melihat kehidupan masyarakat yang bertani secara tradisional. Desa ini memiliki 1000 buah alat tenun. Lukisan kayu dan perabot rumah tangga juga dibuat disini.

18. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai, salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai

hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Selain menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing juga dapat dilakukan oleh pengunjung yang senang petualangan alam.

19. Kawasan Bukit Langkisau

Bukit Langkisau

Bukit Langkisau

Bukit Langkisau memiliki ketinggian 1.000 kaki yang terletak antara Desa Salido dan Kota Painan-Pesisir Selatan. Selain dapat menikmati pemandangan yang memukau ke laut lepas, kawasan bukit langkisau juga dimanfaatkan sebagai sarana olahraga terbang layang dengan lokasi pendaratan di pantai Carocok atau pantai Salido.

20. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak adalah salah satu pulau di kawasan Mandeh – Pesisir Selatan

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak

yang telah dikelola menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia. Resor ini memiliki 13 bungalows dan satu suite dengan arsitektur alam yang didukung oleh beberapa sarana penunjang untuk kegiatan diving, fishing, dan snorkeling. Resor ini dilengkapi pula dengan motor boat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya

21. Jembatan Akar Pesisir Selatan

Jembatan Akar

Jembatan Akar

Terletak sekitar 30 menit dari Painan, Jembatan Akar merupakan salah satu objek wisata paling unik di Sumatera Barat. Jembatan hidup yang melintasi sungai Bayang ini terbuat dari akar dua bohon beringin yang saling bertautan. Berbeda dengan jembatan pada umumnya yang semakin lama semakin lemah, jembatan akar dengan bertambah usianya pohon beringin semakin bertambah kuat. Konon jembatan ini di desain oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan pada awal 1900 an.

22. Selancar dan Wisata Pantai di Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan ibu kota Tua Pejat – Sipora berada

Mentawai

Mentawai

lebih kurang 135 km dari Kota Padang dapat dicapai melalui laut dengan memakan waktu antara 6-10 jam. Selain memilki pantai yang indah dengan hamparan pasir putihnya, aktivitas wisata atraksi atau bahari yang terkenal adalah kegiatan selancar (surfing) yang dapat dilakukan disekitar pulau Siberut dan Sipora. Akomodasi bagi pengunjung terdapat di beberapa kota kabupaten dan kecamatan.

23. Desa Pariangan di Tanah Datar

Desa Pariangan

Desa Pariangan

Adalah desa tertua di Minangkabau, dimana berasalnya nenek moyang orang Minangkabau, terletak dilereng Gunung Merapi ditepi jalan raya Padang Panjang – Batusangkar. Di desa ini dapat dilihat keaslian bentuk desa adat yang mencerminkan kehidupan sosial Minangkabau seperti Balairung, mesjid, Rumah adat, Lumbung padi yang merupakan unsur pokok dari suatu kelompok sosial orang Minangkabau. Terdapat pemandian air panas, dan beberapa peninggalan sejarah seoperti batu basurek, kuburan panjang yang menurut ceritanya adalah kuburan Dt. Tantejo Gurhano arsitek Rumah Adat Minangkabau.

24. Rumah Peristirahatan Balai Campago

Balai Campago terletak di suatu bukit yang sangat indah dengan udara yang

Balai Campago

Balai Campago

sejuk serta kehidupan bermasyarakat yang aman dan tentram tepatnya di Desa Campago Cuguak Bulek, Mandiangin Koto Salayan Kota Bukittinggi, 4 km dari pusat kota Bukittinggi. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh dengan angkutan darat dalam waktu 10 menit dari pusat kota Bukittinggi dan 1 jam 45 menit dari Padang. Balai Campago berdiri di atas tanah seluas 8.038 m2 dengan luas bangunan 3.054 m2 terdiri dari 2 buah bangunan VIP, 1 buah bangunan utama terdiri dari 3 kamar Superior dan 17 kamar standar yang semuanya dilengkapi dengan perabot. Fasilitas yang ada di Balai Campago adalah ruang serbaguna dengan kapasitas 40 orang, lapangan tenis, lobby, lounge teras, jogging track, coffe shop outdoor, deck pandang, menara, musholla dan tempat parkir yang memadai. Fasilitas tersebut dalam waktu dekat akan ditambah dengan kolam renang dan taman bermain. Dari Balai Campago dapat terlihat seluruh keindahan kota Bukittingi, seperti 2 buah pegunungan yang berderet melingkari kota Bukittinggi dan rumah-rumah adat yang terhampar di bawah Bukit Campago.

Padang City

Pantai Padang

Pantai Padang

Padang merupakan ibukota Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini adalah kota kecil yang indah dan memiliki berbagai daya tarik dan tempat wisata yang dapat dikunjungi. Seperti pantai padang (yang akan hadir dengan tampilan Padang beach city) Padang juga mempunyai beberapa rumah yang dibangun sesuai dengan bentuk kebudayaan Minangkabau (yang menyerupai tanduk kerbau) pusat dari kebudayaan dan sejarah. Tidak hanya itu, Padang juga terkenal dengan Nasi Padang. Selain itu, Padang juga menjadi tempat penghubung bagi orang-orang yang ingin berselancar di Kepulauan Mentawai.

Masih banyak lagi keindahan Alam Minangkabau lainnya yang dapat Anda nikmati bersama rekan kerja, teman maupun keluarga.

Dapatkan segera PAKET Perjalanan CROWNSEED Tour and Travel, nikmati kemewahan serta kenyamanan Liburan Anda dengan keindahan dan keelokan Wisata Alam Sumatera Barat.

MASJID RAYA BINGKUDU - CANDUNG

MASJID RAYA BINGKUDU - CANDUNG
Masjid Raya Bingkudu ber-alamat di : Jorong Bingkudu, V Suku Candung Bawah , Kec. Candung, Kabupaten Agam - Sumatera Barat. Masjid ini dibangun pada abad ke-18 tepatnya tahun 1813 yang diprakarsai oleh tokoh-tokoh tujuh nagari. Ketujuh nagari itu adalah Canduang, Koto Lawas, Lasi Mudo, Pasanehan, Bukit batabuah, Lasi Tuo. Untuk Mancapai masjid ini cukup mudah karena hanya jika di tempuh dari kota Bukittinggi hanya sekitar 15-20 menit saja dengan jarak +/- 13 KM dari Jam Gadang (Pusat Kota Bukittinggi). Menurut sejarahnya disaat pembangunan Masjid ini, masyarakat secara bersama-sama membangun masjid seluas 21 x 21 M dengan tinggi 37,5 meter ini. Menariknya hampir semua material yang pergunakan untuk membuat tempat beribadah ini berasal dari kayu, baik lantai, dinding, maupun tiang-tiangnya. Tiang Macu (tiang besar ditengah ruangan ) Masjid ini di ambil dari Batu Sangkar (Pagaruyung), Tiang dibawa dengan cara di gotong secara estafet oleh masyarakat melalui Koto tinggi - Baso - Simpang Candung - Sampai di Masjid Bingkudu. Jalur pengangkutan tiang masjid inilah yang menjadi pembuka jalan (hubungan) antara Batu Sangkar dengan Baso (Kab. Agam), Sedangkan atapnya yang berundak tiga, terbuat dari susunan ijuk. Bangunan ini saat didirikan memakai sistem pasak. Artinya tidak satupun dari komponen penyusun masjid ini yang dilekatkan satu sama lain dengan menggunakan paku. Lampu-lampu minyak yang yang terpajang pada setiap sudut masjid rata-rata juga sudah menjadi barang antik, karena telah berumur ratusan tahun. Pekarangan di sekitar masjid cukup indah. Tiga kolam ikan, serta satu kolam besar untuk berwudhuk membuat kesan masjid yang cukup jauh dari pemukiman penduduk itu semakin alami. Dulunya air untuk berwudhuk dialirkan dengan bambu sepanjang 175 meter dari mata air yang diambil dari tabek (tanah) nya Keturunan Datuak Tan Tuah dari suku Selayan di Lurah. Namun sekarang untuk memperlancar aliran air, salurannya sudah diganti dengan pipa besi. Selain itu, pada pekarangan masjid juga terdapat sebuah menara denga ketinggian 30 meter dengan tangga naik berbentuk spiral. Seperti kebanyakan masjid yang ada, Di atas menara ini dulu terdapat Cenang (Gong) Besar yang dibunyikan setiap datang waktu shalat, menara ini juga digunakan untuk mengumandangkan azan, terutama saat belum ada pengeras suara Di dekat jalan ke arah menara terdapat sebuah Tabuah (beduk) Besar yang di bunyikan setiap sebelum azan dan saat malam takbiran tabuah (beduk) ini akian di bunyikan secara bersama-sama sambil mengucapkan takbir pada Ilahi. Sementara di halaman masjid terdapat makam Syech Ahmad Thaher, pendiri sekolah pendidikan Islam yang lebih dikenal dengan MUS (Madrasah Ulumi Syriah). Ia meninggal sekitar 13 Juli 1960. Pada tahun 1957, atap masjid yang terbuat dari ijuk, diganti masyarakat dengan seng. Itu dilakukan karena ijuk yang yang mengatapai ruangan masjid dari hujan dan panas telah lapuk. Dua tahun kemudian dilakukan renovasi dan pemugaran terhadap bangunan masjid yang lainnya. Di lingkungan Masjid terdapat Surau Bulek yang digunakan sebagai tempat Akad Nikah. Menurut Kepala KUA Candung, Ramza Husmen yang ikut langsung meninjau Masjid Bingkudu mengatakan pada tahun 1999, masjid ini diserahkan kepada Pemkab Agam, dan ditetapkan sebagai salah satu bangun cagar budaya di Agam. Dua tahun setelah itu, masjid mengalami pemugaran secara keseluruhan. “Atapnya yang dulu seng dikembalikan ke ijuk. Kemudian bagian-bagian yang lapuk diganti dan serta dicat lagi sebagaimana aslinya. Aktivitas keagamaan tetap berlangsung di tempat ini. Baik untuk shalat berjamaah setiap hari, shalat Jumat, serta ibadah lainnya. Apalagi saat bulan Ramadhan Selalu diadakan acara Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), intensitas kunjungan masyarakat/ wisatawan terhadap masjid sangat tinggi dan sarana transpotrasi untuk menjangkau lokasi juga cukup mudah dan murah dari Kota Bukittinggi. Hanya saja di sekitar Masjid masih belum ada Warung Makan (restoran yang cukup baik) dan tempat penjualan suvenir khas masyarakat setempat. Warga menginginkan agar perhatian pemerintah berlangsung secara kontiniu dan berkesinambungan untuk me mperbaiki sarana dan prasarana di sekitar Masjid.

Wisata Sumatera :

Visit West Sumatra (The Land of Gold)

Sumatra (Sumatera) was known in ancient times by the Sanskrit names of Swarnadwipa or Swarnabhumi ("Land of Gold"). Empire of Srivijaya, a Buddhist monarchy, dominating the region throughout the 7th to 9th centuries. Late in the 14th century the name Sumatra became popular as the kingdom of Samudra was rising.

Sumatra is the sixth largest island in the world (470,000 km²). Its length is about 1,790 km. Its highest point is Mount Kerinci (3,805 m). The interior of the island is dominated by Bukit Barisan mountains in the west and swampy plains in the east.

The volcanic activity gives the fertile land and beautiful sceneries, especially Lake Toba. Most of Sumatra is covered by tropical rainforest. It has the world's largest flower, Rafflesia arnoldii. It also has many fantastic animals: tiger, orangutan, rhinoceros, elephant, tapir, and sun bear.

Location: MAP
Indonesia, South East Asia
west of Java island


Tour in Aceh:
Pulau Weh (island & beach)
Danau Laut Tawar (lake)
Gunung Leuser (mount)


Tour in North Sumatra :
Danau Toba (great lake)
Berastagi (resort)
Bohorok (orangutan rehabilitation)


Tour in West Sumatra :
Lembah Harau (valley)
Danau Maninjau (lake)
Sungai Janiah (sacred fish pond)
Jam Gadang (big clock)
Ngarai Sianok (gorge)
Rumah Bung Hatta (museum)
Danau Singkarak (lake)
Lembah Anai (waterfall)

Istana Pagaruyung (palace)

Bukik Bulek Candung (Highland + Waterfall)

Old Mosque Bingkudu Candung (Mosque)



Tour in Nias & Mentawai:
Bawomataluwo (traditional village)
Hilisimaetano (traditional village)
Siberut (island & beach)


Tour in Riau:
Muara Takus (temple)
Siak Sri Indrapura (palace)


Tour in Jambi:
Muaro Jambi (temple)
Danau Kerinci (lake)
Kerinci Seblat (nature reserve)


Tour in Bengkulu:
Benteng Marlborough (fort)
Pantai Panjang (beach)
Tabah Penanjung (rafflesia reserve)



Tour
in South Sumatra:
Bukit Siguntang (hill)
Jembatan Ampera (bridge)
Air Terjun Temam (waterfall)


Tour in Bangka & Belitung:
Pantai Tanjung Kelayang (beach)
Pantai Tanjung Tinggi (beach)
Pantai Tanjung Penyusuk (beach)


Tour in Lampung:
Way Kambas (elephant reserve)
Krakatau (volcano island)
Pantai Merak Belantung (beach)

Maninjau Lake, West Sumatra

Sungai Janiah, West Sumatra

Tanjung Kelayang beach, Belitung, Sumatra

Jam Gadang, West Sumatra

Ngarai Sianok, West Sumatra

Rumah Bung Hatta, West Sumatra

Danau Singkarak, West Sumatra

Tanjung Tinggi beach, Belitung, Sumatra

Lembah Anai, West Sumatra

Pagaruyung palace, West Sumatra

Lembah Harau, West Sumatra

JAKARTA :

Jakarta

Jakarta is the capital city of the Republic of Indonesia. Initially Jakarta was a port city which developed into a trading center by 14th century, originated along the downstream of Ciliwung River. Under the Dutch rule, this city was named Batavia. Now Jakarta has proudly developed into one of Asia’s most prominent metropolitan centers. Jakarta is also the center of commerce in Indonesia. Heritages from the past are the prime attractions in Jakarta. Here we can find old churches, museums, amusement parks, recreation centers, and shopping complexes.

Location:
north-west part of Java island
120 km north west of Bandung



Buildings & Architecture:
Monas (Monumen Nasional)
Monumen Proklamator
Klenteng Petak Sembilan
Monuments & Statues in Jakarta
Historical Buildings in Jakarta

Museums & Galleries:
Museum Nasional
Museum Bahari (maritime)
Museum Fatahillah (history)
Museum Keramik (ceramic)
Cafe Batavia (old photographs)
Museums in Jakata

Cultural Sites:
Gedung Kesenian Jakarta (art theatre)
Bharata Theatre (wayang orang)

Parks & Amusements:
Taman Mini Indonesi Indah
Taman Burung (bird park)
Akuarium Air Tawar (fresh water aq.)
Museum Serangga (insects)
Taman Impian Jaya Ancol
Gelanggang Samudra (dolphin show)
Kebun Binatang Ragunan (zoo)
Dunia Fantasi (fantasy world)
Seaworld
Planetarium Jakarta
Taman Fatahillah (square)

Shopping:
Pasar Seni Ancol (art market)
Pasar Ikan Ciliwung (fish market)
Shopping Centers in Jakarta

Beach & Islands:
Sunda Kelapa (old harbor)
Pantai Ancol (beach)
Kepulauan Seribu (islands)



Transport:
Kampung Rambutan (bus terminal)
Pulo Gadung (bus terminal)
Gambir (train station)
Jatinegara (train station)
Soekarno Hatta (airport)
Tanjung Priok (seaport)

Jakarta, Indonesia

Klenteng Petak Sembilan, Jakarta

Museum Indonesia, TMII, Jakarta

National Museum, Jakarta, Indonesia

Jakarta, Indonesia

Museum Fatahillah, Jakarta, Indonesia

Fresh Water Aquarium, TMII, Jakarta, Indonesia

Traditional horse cart, Jakarta, Indonesia

BOOKING TICKET ONLINE :

Booking Online @ BandarUdara.Com
AirAsia Batavia Citilink Garuda
Gatari Kartika
Lion/Wings
Mandala Merpati Trigana Valuair/Jetstar


AirAsia :: Booking Online

AirAsia Indonesia Bookings: Cara Booking & Bayar : Apakah yang di maksud booking tanpa tiket? Konsep tanpa tiket adalah pengganti metode tiket pesawat yang ada saat ini, yang telah digunakan AirAsia selama beberapa tahun terakhir. Dengan perjalanan Tanpa tiket, yang perlu anda lakukan hanyalah membooking penerbangan anda dan anda akan diberi Nomor/Kode Booking. Anda tidak perlu membawa Rencana Perjalanan/Flight Itinerary anda untuk check-in. Yang perlu anda ingat hanyalah Nomor Booking anda, atau sebutkan nama anda. Anda harus memperlihatkan kartu identitas atau paspor anda untuk keperluan identifikasi dan Check-in
Lengkap: http://www.airasia.com
.

Batavia Air :: Booking Online

Batavia Air Indonesia Bookings. Batavia Air adalah perusahaan penerbangan nasional pertama yang mengoperasikan pesawat Airbus A-319 sejak Januari 2006. Batavia Air saat ini mengoperasikan lebih dari 150 penerbangan setiap harinya dan melayani 29 kota tujuan di Indonesia serta Guangzhou-Cina dan Kuching-Malaysia. Batavia Air memiliki 36 pesawat yang terdiri dari pesawat Boeing 737-200, 737-300, 737-400, Airbus A-319 dan Airbus A-320.

Citilink :: Booking Online

Citilink is LCC Airlines, Business Airlines, Bisnis LCC, penerbangan murah di indonesia, moto get simplycity and fly : Citilink berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memberikan layanan transportasi udara sederhana kepada semua pelanggan, dan kami selalu berusaha mencari cara untuk menyempurnakan hal tersebut. Layanan-layanan kami, yang mencakup aspek-aspek tertentu dari pemesanan kursi dan persyaratan perjalanan, dirancang untuk mencerminkan kesungguhan tersebut, bahkan dalam beberapa hal kami memberikan lebih dari apa yang disyaratkan secara tegas dalam undang-undang.

Garuda Indonesia Airline :: Booking Online

Garuda Indonesia Airline Bookings Garuda Indonesia's commitment to total quality improvement in the area of service, safety, on-time departures and load factors has brought the company to a period of dynamic and successful change in providing safe, comfortable and reliable air transportation services.

Gatari Air Services :: Booking Online

It is our pleasure to take you on a journey into the enterprising field of private Air Charter. A world totally dedicated to meeting your unique travel needs : the world of Gatari Air Service. Over more than a decade Gatari has built an enviable reputation as Southeast Asia's premier air charter operator. Gatari listens to it clients and has constantly adapted to match their special and changing requirements, while adhering strictly to global aviation, standards and procedures.

Kartika Airlines :: Booking Online

Kartika Airlines, a local airline with new world class standard of flying pleasure. Starting on June 2005, Kartika Airlines is flying broader to meet middle-up business needs. Explore new experiences of flying to more domestic destinations with us. We are supported by well trained human resources and our proven aircraft for a highest level of flying satisfaction. And of-course, enjoy our new standard in-flight services, and we will fly you the way you always want to fly.

Lion Air / Wings Air :: Booking Online

From modest beginnings as a one-plane airline that first flew in 2000, Lion Air has navigated its way through the turbulence in the wake of the financial crisis that blew through the region in 1997 to emerge as Indonesia’s leading budget airline carrier. Today, we operate 37 planes flying to not only all of Indonesia’s major cities and wondrous tourist destinations, but to Singapore, Penang and Kuala Lumpur as well. And we’re just taking off.

Mandala Airlines :: Booking Online

Mandala Airlines has developed a Total Experience service concept focused on customer satisfaction and excellent, high quality service. Berdiri sejak 1967, Mandala Airlines merupakan salah satu perintis usaha penerbangan komersial di Indonesia. Mandala adalah satu-satunya perusahaan penerbangan non-pemerintah generasi awal yang telah berhasil melewati masa krisis dan mampu berkembang pesat untuk menghadapi persaingan modern dengan mengembangkan organisasi, kemampuan operasional dan juga armada pesawatnya.

Merpati Nusantara Airline :: Booking Online

Merpati Nusantara Airlines was born by the motherland and has grown up among the difference of cultures and language atmospheres which Merpati has been challenged to obtain its maturity. It has improved from year to year. Merpati always sends its best service through nations as the good image building for national aviation. A national leading airlines company is the commitment of achievement. The pole has been planted and the flag has been displayed. Merpati continues to take off through global era to share the value of nation.

Trigana Air :: Booking Online

The main attribute and underlying strength of TRIGANA AIR SERVICE is our aircrews, with their maturity, experience and dedication, their customer oriented hospitality, their combined commitment to performance and service and most of all, their belief in and practice of the highest safety standards, which have been declared by the Company to be our corporate culture. For ease we have named our philosophy as – professional – which has become our standard for operation and maintenance.

Valuair / Jetstar :: Booking Online

Jetstar is Australia's and Singapore's new low fares airline (Valuair) for Indonesia, Singapore, Australia and the Asia-Pacific. Our aim is to provide consistent low fares to Australian, New Zealand and Asian leisure travellers. We started flying within Australia on the 25th of May, 2004 and within Asia just over six months later, offering customers a simple and fresh travel experience. Our bold and distinctive brand is indicative of the fresh and vibrant approach toward low cost travel in the region.




Kami Tidak Terkait Dengan Layanan Booking Online
Kami Hanya Menyediakan Link-Link Saja

Jumat, 18 November 2011

Masyarakat Minang Malaysia 
Berencana Dirikan 
Rumah Gadang


Kuala Lumpur, SarasahMinang - Masyarakat Minang di Malaysia berencana membangun Rumah Gadang yang lokasinya di sekitar Gombak, Kuala lumpur, Malaysia, sebagai wujud kepedulian untuk melestarikan budaya Minangkabau di perantauan.

"Hasrat untuk membangun rumah gadang itu diwujudkan dengan membeli tanah seluas 2 hektare di Gombak," kata Ketua Persatuan Ikatan Kebajikan Masyarakat Minangkabau (PIKMM), Haji Buchari Ibrahim, di sela-sela silahturahim warga Minang di Kuala Lumpur, Minggu malam.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang mengurus surat-surat tanah dari pemilik sebelumnya kepada PIKMM yang nantinya akan dikeluarkan oleh kantor pembuat akte tanah di Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia.

PIKMM, kata dia, memiliki dana sekitar 20 ribu ringgit yang diperuntukkan bagi pengurusan surat-surat dan administrasi lainnya terkait dengan pembangunan rumah gadang tersebut.

Pembangunan rumah gadang ini tentunya akan berjalan lancar melalui dukungan yang kuat dari masyarakat Minang yang berada di Malaysia dan termasuk pula masyarakat Minang di Indonesia.

"Warga Minang di Jakarta, Surabaya ataupun bahkan di Sumatera Barat sangat mendukung keberadaan rumah gadang di Malaysia. Bahkan bupati Tanahdatar, Sumatera Barat, berharap pembangunannya segera dilaksanakan," ungkap dia.

Sementara itu, dalam silahturahim yang dilaksanakan di sekitar stasiun Jelatek, pada Minggu malam dihadiri oleh sejumlah tokoh Minang yang sudah lama tinggal dan menjadi warga negara Malaysia termasuk juga dihadiri oleh Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia, Rusdi MA, serta ratusan warga Minang yang tinggal dan bekerja di negara ini.

Acara silahturahmi semakin menarik sebab diramaikan oleh dua artis yang didatangkan langsung dari Sumatera Barat yaitu Lepay dan Bunda (Rafflesia) yang berupaya memuaskan para penontonnya yang rindu kampung halaman.

"Lagu-lagu dan pantun-pantun Minang yang dibawakan oleh Lepay dan Bunda sedikitnya bisa mengobati kerinduan pada kampung halaman," kata Uni penjaga rumah makan di bilangan Raja Alang, Kuala Lumpur yang sengaja datang ke sana untuk menyaksikan artis kesayangannya itu.

Salah satu pengurus PIKMM, Syafrinaldi Sa'ad menjelaskan jumlah warga Minang di Malaysia sangatlah banyak dan tersebar di banyak wilayah Malaysia.

"Masyarakat Minang di sini sudah turun temurun dan jumlahnya mungkin mencapai puluhan ribu," katanya dengan menyebutkan bahwa anggota PIKMM saat ini hampir 1000 keluarga. (AWD)

Video Ilmu Pengetahuan :

Cara Mengganti Background Blog

cara ganti background blog mu

HI, teman teman semua
Pada postingan saya yang kali ini saya akan memberitahu kepada teman-teman yang mau mengubah background blog. Soalnya waktu ini mas rivalma dari bali nanya kepada aku, tentang bagaimana sih caranya agar dia dapat mengubah background blognya sendiri, berhubung aku ga bisa memberitau mas rivalma secara langsung, maka aku pikir akan lebih baik bila aku buat postingan nya saja.


Baiklah, bagi teman-teman yang mau untuk mengubah background blognya, caranya gampang banget. Untuk mengubah backgorund blog kamu, dengan gambar-gambar yang kamu sukai Caranya ga terlalu sulit kok, yang pertama yang harus teman-teman lakukan adalah mancari kode berikut ini pada blog teman-teman .

body{background: #48858

Nah, sekarang bila teman-teman udah mendapatkan kode diatas, yang perlu teman-teman ketahui adalah kode #48858 itu , harus disesuaikan dengan blognya teman-teman ya. Kalau udah sekarang jika ingin mengubah background blog teman-teman dengan gambar yang teman-teman inginkan, tinggal menambahkan kode berikut ini setelah kode diatas tersebut.


url("");

Nah sekarang tinggal, teman-teman isi tanda kutip pada kode diatas dengan alamat gambar yang akan kamu gunakan untuk menjadi background blog kamu. Misalnya saya punya gambar dengan alamat sebagai beerikut.

http://webtutorial3.blogspot.com/07/2008/green.jpg

jadi nantinya kode lengkapnya akan menjadi seperti ini .....

body {background: #48558 url(http://webtutorial3.blogspot.com/07/2008/green.jpg");

Gimana gampang toohhhhh

Happy blogging

Video saat2 terjadinya gempa di Sumbar